Minggu, 13 April 2008

Tentang Jakarta 32o C

Latar Belakang
Perguruan Tinggi adalah sebuah tempat di mana mahasiswa menimba ilmu dan lebih jauh lagi menggunakannya sebagai laboratorium untuk meriset, mengolah gagasan, bereksperimen dan memproduksi ‘penemuan penemuan’ serta karya-karya yang selanjutnya akan dimungkinkan berfungsi secara lebih luas di masyarakat baik secara teoritis maupun praktis.

Dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi mahasiswa banyak menghasilkan karya-karya kreatif yang tidak pernah dipublikasikan atau termediasi dengan baik, untuk dipresentasikan kemasyarakat yang lebih luas. Selama ini karya-karya tersebut hanya menjadi formalitas mahasiswa dalam memenuhi tugas-tugas kuliah yang diberikan. Kalau pun memang dipublikasikan, itu pun hanya sebatas lingkungan kampus sendiri. Ini mengakibatkan karya karya kreatif tersebut tidak menemukan daya kritisnya dalam masyarakat luas.

Dalam seni kontemporer kontekstualitas dan relasi karya kreatif dengan keadaan sosial, budaya, politik dll yang terjadi dalam masyarakat saat ini menjadi sangat penting, hal ini membuat pembahasan dan keterkaitan seni dengan disiplin ilmu lain pun harus terjadi secara intensif. Sebuah wadah yang dapat memediasi kerjasama bidang seni dengan disiplin ilmu lain menjadi sangat relevan dan penting.

Penyelenggara
ruangrupa
sebuah artists’ initiative yang didirikan tahun 2000 oleh sekelompok seniman dari Jakarta. Organisasi nirlaba yang bergiat mengupayakan pertumbuhan kemajuan menggagaskan soal-soal seni rupa dalam lingkup luas kebudayaan melalui pengkajian ilmu-ilmu seni, telaah, dan pendokumentasian serta kerja-bersama di antara seniman dan cipta kreatifnya melalui pameran, program residensi seniman, art project dan workshop.

Tujuan
Ruangrupa berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan agar tercipta wadah dimana mahasiswa di Jakarta bisa berinteraksi, bertukarpikiran dan berkolaborasi satu sama lain dari perguruan tinggi yang berbeda dan dari disiplin ilmu yang berbeda, diharapkan ini dapat menghasilkan gagasan gagasan baru interdisiplin yang innovative dan kreatif.

Wadah ini juga melakukan riset, membentuk jaringan dengan pendataan/pengkoleksian dan pengkurasian karya-karya visual (design, fine arts, film, video, fotografi, arsitektur, kriya dan lain-lain). Yang pada akhirnya akan dipamerkan ke publik yang lebih luas. Dengan begitu diharapkan terciptanya sebuah “pertemuan” gagasan-gagasan yang kritis dan inspiratif, baik diantara mahasiswa sendiri maupun dengan masyarakat yang lebih luas.

Beberapa Catatan tentang Jakarta 32o C sebelumnya:
Jakarta 32o C I 2004
Project ini mendokumentasikan 131 karya dari 79 mahasiswa yang terdiri dari karya
Fotografi, video dan film, desain grafis, seni lukis, seni grafis, drawing, seni patung, mixed media dan instalasi, dan fashion. Sesi pameran mempresentasikan 43 karya dari 36 mahasiswa yang sudah terseleksi.

Jakarta 32o C II 2006
Project ini mendokumentasikan 204 karya dari 100 mahasiswa yang terdiri dari karya
Fotografi, video dan film, desain grafis, seni lukis, seni grafis, drawing, seni patung, mixed media, instalasi, dan fashion. Sesi pameran mempresentasikan 33 karya rupa dari 35 orang mahasiswa. Jumlah pengunjung selama pameran adalah 1298 orang, 428 perempuan, dan 870 lelaki

Tidak ada komentar: